Jumat, 15 Desember 2017 | 13.26 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Sudah 125.045 Orang Mendaftar PPDB Online

Sudah 125.045 Orang Mendaftar PPDB Online

Senin, 19 Juni 2017 - 13:21 WIB

IMG-34690

Gubsu Erry Nuradi diberi penjelasan keadalan sistem PPDB online yang terus dibenahi. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara progresnya semakin signifikan ditandai akses masuk sistem semakin lancar sehingga jumlah pendaftar kian banyak.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut DR H Arsyad Lubis dan Kadis Kominfo Sumut Drs H Mhd Fitriyus SH MSP didampingi Kepala Biro Humas Pemprovsu Ilyas S Sitorus mengemukakan hal itu di Kantor Gubsu, Sabtu (17/6/2017) malam menjawab wartawan sekembali Safari Ramadan bersama Wagubsu di Kabupaten Batubara.

“Hingga Sabtu (17/6) malam, jumlah siswa yang sudah mendaftar untuk melanjutkan studi di SMA dan SMK negeri di Sumut tercatat 125.045 orang. Jumlah itu diprediksi sudah lebih banyak hari ini,” kata Arsyad.

Signifikannya progres pelaksanaan PPDB SMA dan SMK negeri secara online ini tergambar dari peningkatan jumlah pelamar yang sudah akses. Artinya, server sudah semakin baik dengan bandwidth yang kapasitasnya lebih dari cukup.

Gambaran jumlah pelamar yakni pada hari pertama sejak dibuka pendaftaran secara online ini berjumlah sekira 11.000 siswa, hari kedua sekira 25.000 siswa, hari ketiga sekira 45.000 siswa, hari ke empat berjumlah 80.784 siswa, hari ke lima sebanyak 111.690 siswa dan hari ke enam berjumlah 125.045 siswa.

Semakin signifikannya pelaksanaan PPDB online ini menurut Arsyad merupakan implikasi dari adanya langkah-langkah yang telah dilakukan dalam perbaikan dan optimalisasi sistem antara lain pembagian zona waktu hak akses.

Hal lainnya juga dilakukan replikasi database PPDB online dan pengaaturan real time hasil seleksi sementara berdurasi 4 jam yang hasilnya semakin memperlancar akses ke sisten PPDB ini.

Upaya signifikan lainnya kata Fitriyus yakni penambahan kapasitas server oleh Dinas Kominfo Sumut yang berdampak semakin cepat, lancar, akurat dan hak akses pelamar yang semakin optimal.

Oleh sebab itu Arsyad maupun Fitriyus dan Ilyas Sitorus mengimbau masyarakat tetap optimis dan saling memberi motivasi agar yang dilakukan secara bersama ini sukses, berhasil secara cerdas membuat sistem penerimaan siswa di Sumut semakin berkualitas dan objektif.

Fitriyus menjelaskan, Diskominfo Sumut telah meningkatkan kapasitas server dengan menyiapkan Bandwidth internet dengan kapasitas 400 Mpbs. “Dari hasil monitoring dan evaluasi, bandwidth yg terpakai hanya sekira 20 persen. Dengan demikian, masih banyak sisa Bandwidth, yaitu sekira 350-370 Mbps lagi. Artinya Bandwidth yang sudah disiapkan lebih dari cukup,” jelasnya.

Tentang kondisi pada awal pendaftaran pelaksanaan PPDB online pada Senin (12/06), server Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mengalami full resource (penuh). Hal itu disebabkan banyaknya akses pengguna pada waktu bersamaan.

Penggunaan resource Dinas Pendidikan Provsu mencapai hampir penuh atau hampir mencapai 100% dari kapasitas server yang ada. Ini menyebabkan website ppdb online sempat terkendala dan sulit diakses.

Untuk mengantisinya, Dinas Kominfo telah menambah server yaitu setengah dari kapasitas server Dinas Kominfo di lt. 6 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro, Medan. Atas kordinasi dan permintaan tim IT Disdik sejak (Rabu, 14/6/2017) Dinas Kominfo juga menambah server kosong yang kondisinya lebih baik dari pada server yang ada di Dinas Pendidikan.

Oleh sebab itu Arsyad maupun Fitriyus mengemukakan masyarakat tidak perlu ragu terhadap sistem ini karena berjalan baik dengan progres lancar meskipun mereka juga mengajak masyarakat menggunakan server secara cerdas karena masa rentang waktu pendaftaran cukup panjang.

Dengan demikian walaupun tetap diajak cerdas dalam mengakses masyarakat diharapkan tetap optimis terhadap sistem ini dengan dukungan Bandwith dan server kapasitas tinggi dan baik. (zul)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban  Cabul Berdemo  di Polres Sergai
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:53 WIB

Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban Cabul Berdemo di Polres Sergai

Butet. Sebut saja demikian korban cabul yang deritanya dilapor ke Polres Sergai, Agustus lalu. Siswi SMP itu mengaku berulang kali ...
Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban  Loker Pabrik  Tamora Ngamuk
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:52 WIB

Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban Loker Pabrik Tamora Ngamuk

Bermodus menawarkan kerja di PT Kimia Farma dan PT Sosro, puluhan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan ...
Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos  RSUD Kisaran  Digeser Polisi ke Inspektorat
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB

Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos RSUD Kisaran Digeser Polisi ke Inspektorat

Digelar November lalu, operasi tangkap tangan (OTT) personil Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Polres Asahan terhadap Direktur Utama RSUD Kisaran, dr ...
Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !!  Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:43 WIB

Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !! Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP

Sedikitnya, 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Medan kemarin (14/12) kembali beraksi di titik-titik larangan berdagang di kawasan ...
Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:40 WIB

Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung

Nyaris 2 bulan berlalu, reka ulang tragedi kematian Khairunnisa alias Ica (20) digelar di halaman Mapolsek Percut Seituan, Kamis (14/12/2017) ...
Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD  Tewas Ketabrak  Odong-odong
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:21 WIB

Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD Tewas Ketabrak Odong-odong

Jerit tangis terdengar hingga keluar ruang instalasi jenazah RS Patar Asih di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang. Peristiwa itu ternyata ...