Senin, 11 Desember 2017 | 20.19 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Derita Kanker Ganas, Siswi Sultan Agung Butuh Bantuan

Derita Kanker Ganas, Siswi Sultan Agung Butuh Bantuan

Minggu, 30 April 2017 - 03:41 WIB

IMG-26831

Kondisi Afnita Duma Sari Saragih. (Eno/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Kondisi memburuk akibat kanker diderita Afnita Duma Sari Saragih (17), siswi SMA Sultan Agung Siantar. Keluarga pun berharap perhatian berupa donasi semua pihak, terutama pemerintah.

Pesan permintaan bantuan donasi itu disampaikan keluarga Afnita di media sosial: “Perkenalkan, nama saya Sata Christiana Sianturi. Saya berusia 23 tahun. Saya bekerja sebagai operator di salah satu SD Kecamatan Panombeian Panei. Saya tinggal di Desa Panombeian, Kecamatan Panombeian Panei, Simalungun.”

Sata kemudian menulis, Afnita adalah sepupunya. Ibu Afnita bernama Jenni Sianturi dan ayahnya, Risman Saragih. Mereka berdiam di Emplasmen Marjandi, Nagori Marjandi Embong, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun.

Afnita kini berusia 17 tahun dan duduk di bangku kelas 3 SMA Sultan Agung Ssiantar. Penyakitnya, kata Cata, berawal dari benjolan kecil di jari jempol kiri. Benjolan tumbuh pada Oktober 2015. Setelah dibiopsi pada Januari 2016, dokter mendiagnosa itu adalah tumor sarakoma.

Jari jempolnya harus diamputasi. Afnita kemudian ditargetkan menjalani 6 kali kemoterapi. Tetapi setelah kemo ke-4, benjolan tumbuh lagi di bagian pergelangan tangan dan benjolan dekat ketiak.

Pada Oktober 2016, tangannya semakin membengkak dan benjolan menjalar ke bagian punggung, payudara dan benjolan di bagian ketiak semakin membesar. Di bulan Februari 2017, kondisinya sudah membaik. Dia sudah bisa duduk, tapi pada Maret 2017 kondisinya semakin drop.

“Benjolan tumbuh lagi di payudara, leher dan benjolan melepuh. sekarang tangannya sudah lebih besar dari badannya. Oh ya, saat ini Afnita dirawat dirumah dan berobat herbal,” tutur Sata.

Terakhir konsultasi dengan dokter, disebutkan kalau penyakit yang diderita Afnita adalah kanker ganas. Meski begitu, Afnita tak pernah patah semangat melawan penyakitnya. Dia adalah wanita muda yang sangat tangguh.

“Atas dasar itulah, saya berinisiatif untuk memita doa kepada teman-teman semua, publik, agar adik saya tetap kuat meghadapinya dan saya juga berinisiatif untuk menggalang dana kepada teman-teman, publik, untuk bersedia memberikan sebagian dari rejekinya untuk membantu pengobatan adik saya,” ujar Sata.

Dia lalu berharap, dengan bantuan siapa saja, adiknya Afnita bisa menjalani pengobatan yang lebih baik. Dan, Sata menyebut uluran tangan bisa disampaikan melalui rekening Mandiri 1070007372701 atas nama Risman Saragih, yakni rekening milik ayah Afnita.

Kepada Siantar24Jam, paman Afnita, Dapot Leonard Sianturi (54) pada Sabtu (29/4) jam 17.00 Wib, mengatakan keluarganya sangat menyayangi Afnita karena merupakan anak semata wayang.

Afnita juga dulunya sangat periang. Namun kini harus terbaring lemah di pembaringan tanpa dapat melakukan apapun. “Kami sangat iba melihat Afnita sekarang. Dulu dia sangat periang tapi sekarang hanya bisa tidur di pembaringan. Dia itu anak semata wayang,” ujar Dapot. (eno)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 19:17 WIB

Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras

DPRD Simalungun mendapat protes keras dari Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), lantaran dinilai tak becus melakukan tugas dan fungsi ...
Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 14:09 WIB

Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu

Ada-ada saja tingkah laku pecandu sabu satu ini. Demi mengelabui polisi, Efendi Sinaga alias Wulan (23), mendadak ngidam ketika bertemu ...
Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 13:20 WIB

Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan

Julianto alias Panjul (24) warga Pasar 7, Gang Kuini, Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Sergai dan Andi Zulfikar alias Tompel ...
Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 09:20 WIB

Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang

Sebanyak 1200 pil ekstasi gagal berangkat ke Palembang setelah kurirnya, Maulizar--seorang perempuan asal Aceh--diciduk personel Sat Narkoba Polres Tanjungbalai di ...
Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:55 WIB

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang sudah semakin dekat, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Pematangsiantar memastikan persediaan ...
Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:48 WIB

Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar

Ratusan hektar yang diduga sebagai kawasan hutan di Huta Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun ...