Kamis, 19 Oktober 2017 | 19.31 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Jual ‘Kenikmatan’ di Indonesia, 76 PSK asal Tiongkok Terjaring Razia

Jual ‘Kenikmatan’ di Indonesia, 76 PSK asal Tiongkok Terjaring Razia

Minggu, 1 Januari 2017 - 21:28 WIB

IMG-7405

Wanita Tiongkok yang diduga bekerja sebagai PSK di Indonesia. Ist

JAKARTA, metro24jam.com – Sebanyak 76 wanita berkewarganegaraan Tiongkok yang diduga berprofesi sebagai ‘penjual kenikmatan’ alias pekerja seks komersial (PSK) terjaring razia di malam pergantian tahun oleh Ditjen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM, Minggu (1/1) dinihari Wib.

“Ini rekor buat kami karena banyak sekali yang tertangkap dan seluruhnya perempuan. Mereka tertangkap karena menyalahi izin,” ujar Direktur Wasdakim Kemenkumham, Yurod Saleh di kantornya, Jakarta, Minggu (1/1/2017), mengutip TribunNews.

Sebagian wanita itu terjaring saat menjadi terapis di tempat hiburan malam, pemandu lagu dan pekerja seks komersial yang telah menyalahi izin keimigrasian.

Yurod menyebutkan, para wanita penghibur itu memasang tarif mulai dari Rp 2,8 juta hingga Rp 5 juta dalam sekali melakukan transaksi.

Mereka yang tertangkap berusia rata-rata 18 hingga 30 tahun. “Mereka ini korban dari perdagangan ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Dari razia itu, diamankan barang bukti berupa 92 buah paspor Tiongkok, kwitansi/bukti pembayaran, uang sejumlah Rp 15 juta, pakaian dalam dan beberapa alat kontrasepsi.

Tidak Dideportasi

Dijelaskan Yuro, ke 76 wanita asal Tiongkok yang diciduk petugas imigrasi itu tidak akan segera di deportasi ke negaranya. Mereka, akan dikurung di Rumah Detensi Imigrasi untuk kepentingan penyelidikan.

“Kalau di deportasi, ada kekhawatiran mereka akan melakukan hal serupa di kemudian hari,” kata Yurod Saleh seperti dilansir Kriminalitas.

Akibat perbuatannya, para pelaku akan dijerat dengan UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Mereka juga melanggar pasal bervariasi yakni pasal 112 tentang Keimigrasian.

“Mereka juga wajib membayar denda senilai ratusan juta rupiah dan penjara maksimal 5 tahun,” kata Yurod.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Tiongkok untuk memperketat pengawasan orang asing dari negeri Tirai Bambu itu di Indonesia.

“Tim intelijen sudah diturunkan untuk memantau pergerakan WN China,” pungkasnya.

Para PSK diamankan di tiga tempat diskotik yang ada di Glodok, Jakarta Barat. Mereka sebelumnya tinggal di mes dan apartemen yang disediakan oleh germo yang kini buron.

PSK asal negeri tirai bambu ini datang ke Indonesia dengan menggunakan visa kunjungan. Bahkan, beberapa diantara mereka mengaku sebagai wisatawan. (tri/krim/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Vivonis 11 Tahun, Aktor Malaysia: Saya Tidak Terima
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:04 WIB

Vivonis 11 Tahun, Aktor Malaysia: Saya Tidak Terima

Aktor ternama Malaysia, Khaeryl Benjamin Ibrahim alias Benjy (38) divonis oleh majelis hakim selama divonis selama 11 tahun penjara dan ...
Kasihannya…!!! Nenek 87 Tahun Nyasar ke Kantor Polisi (Sempat Nginap 2 Hari)
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:01 WIB

Kasihannya…!!! Nenek 87 Tahun Nyasar ke Kantor Polisi (Sempat Nginap 2 Hari)

Sabariah Sembiring, nenek berusia 87 tahun, warga Dusun XIV, Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), akhirnya bisa berkumpul lagi ...
Kasus OTT DPM-PPTSP Sumut Ngambang
Tak Berkategori - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:58 WIB

Kasus OTT DPM-PPTSP Sumut Ngambang

Penanganan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PPTSP) Sumut yang ...
Gelapkan Uang Ratusan Juta, Bendahara Diskominfo Samosir ‘Raib’
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:52 WIB

Gelapkan Uang Ratusan Juta, Bendahara Diskominfo Samosir ‘Raib’

Kelakuan Herlinda Donda Hutapea, Bendahara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir ini memang tak patut dicontoh. Dia berani menggelapkan ...
Kepergok! Kereta, Mobil dan Truk Sawit Kena Tilang
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:49 WIB

Kepergok! Kereta, Mobil dan Truk Sawit Kena Tilang

Banyak pengguna jalan, khususnya kendaraan roda dua dan empat terperogok polisi dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Langkat yang menggelar razia ...
Wakil Tuhan, di PN Simalungun Dianggap Tak Adil
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:46 WIB

Wakil Tuhan, di PN Simalungun Dianggap Tak Adil

Hakim atau juga disebut 'Wakil Tuhan' sepertinya bertindak tak adil. Pasalnya, hukuman terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba terkesan dipermainkan. Sebab, yang ...