Kamis, 25 Mei 2017 | 08.08 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Jual ‘Kenikmatan’ di Indonesia, 76 PSK asal Tiongkok Terjaring Razia

Jual ‘Kenikmatan’ di Indonesia, 76 PSK asal Tiongkok Terjaring Razia

Minggu, 1 Januari 2017 - 21:28 WIB

IMG-7405

Wanita Tiongkok yang diduga bekerja sebagai PSK di Indonesia. Ist

JAKARTA, metro24jam.com – Sebanyak 76 wanita berkewarganegaraan Tiongkok yang diduga berprofesi sebagai ‘penjual kenikmatan’ alias pekerja seks komersial (PSK) terjaring razia di malam pergantian tahun oleh Ditjen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM, Minggu (1/1) dinihari Wib.

“Ini rekor buat kami karena banyak sekali yang tertangkap dan seluruhnya perempuan. Mereka tertangkap karena menyalahi izin,” ujar Direktur Wasdakim Kemenkumham, Yurod Saleh di kantornya, Jakarta, Minggu (1/1/2017), mengutip TribunNews.

Sebagian wanita itu terjaring saat menjadi terapis di tempat hiburan malam, pemandu lagu dan pekerja seks komersial yang telah menyalahi izin keimigrasian.

Yurod menyebutkan, para wanita penghibur itu memasang tarif mulai dari Rp 2,8 juta hingga Rp 5 juta dalam sekali melakukan transaksi.

Mereka yang tertangkap berusia rata-rata 18 hingga 30 tahun. “Mereka ini korban dari perdagangan ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Dari razia itu, diamankan barang bukti berupa 92 buah paspor Tiongkok, kwitansi/bukti pembayaran, uang sejumlah Rp 15 juta, pakaian dalam dan beberapa alat kontrasepsi.

Tidak Dideportasi

Dijelaskan Yuro, ke 76 wanita asal Tiongkok yang diciduk petugas imigrasi itu tidak akan segera di deportasi ke negaranya. Mereka, akan dikurung di Rumah Detensi Imigrasi untuk kepentingan penyelidikan.

“Kalau di deportasi, ada kekhawatiran mereka akan melakukan hal serupa di kemudian hari,” kata Yurod Saleh seperti dilansir Kriminalitas.

Akibat perbuatannya, para pelaku akan dijerat dengan UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Mereka juga melanggar pasal bervariasi yakni pasal 112 tentang Keimigrasian.

“Mereka juga wajib membayar denda senilai ratusan juta rupiah dan penjara maksimal 5 tahun,” kata Yurod.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Tiongkok untuk memperketat pengawasan orang asing dari negeri Tirai Bambu itu di Indonesia.

“Tim intelijen sudah diturunkan untuk memantau pergerakan WN China,” pungkasnya.

Para PSK diamankan di tiga tempat diskotik yang ada di Glodok, Jakarta Barat. Mereka sebelumnya tinggal di mes dan apartemen yang disediakan oleh germo yang kini buron.

PSK asal negeri tirai bambu ini datang ke Indonesia dengan menggunakan visa kunjungan. Bahkan, beberapa diantara mereka mengaku sebagai wisatawan. (tri/krim/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Young Debater, Ray Vivaldy Panjaitan: Pengen Jadi Dubes untuk Prancis
Global Medan - Rabu, 24 Mei 2017 - 23:42 WIB
ANAK MEDAN

Young Debater, Ray Vivaldy Panjaitan: Pengen Jadi Dubes untuk Prancis

Kemampuannya dalam berbahasa asing menghantarkannya meraih gelar juara dalam beberapa lomba debat Bahasa Inggris. Ray Vivaldy Panjaitan, mahasiswa semester 2, ...
Dump Truk, Avanza, Supra, Astrea, Scoppy Tabrakan, Dua Opname
Metro 24 Jam - Rabu, 24 Mei 2017 - 23:04 WIB

Dump Truk, Avanza, Supra, Astrea, Scoppy Tabrakan, Dua Opname

Kecelakaan beruntun terjadi di Simpang Kebun Sayur Desa Sekip Kecamatan Lubukpakam, Senin (22/5) jam 20.30 wib. Dua orang mengalami luka-lua ...
Pipa Tirtanadi Pecah Jalan Selambo Kebanjiran, Jumirin : Masih Diselidiki
Metro 24 Jam - Rabu, 24 Mei 2017 - 23:01 WIB

Pipa Tirtanadi Pecah Jalan Selambo Kebanjiran, Jumirin : Masih Diselidiki

Warga sekitar Jalan Panglima Denai dan Jalan Selambo Amplas, dikejutkan meluapnya air secara tiba-tiba ke badan jalan, sehingga sempat mengganggu ...
Pungli Berkedok Sumbangan, Kasubbag Umum  Berondok Di Lantai 2
Metro 24 Jam - Rabu, 24 Mei 2017 - 22:59 WIB

Pungli Berkedok Sumbangan, Kasubbag Umum Berondok Di Lantai 2

Ocehan salah seorang pegawai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu terkait pungutan liar (pungli) di ruangan Bendahara Sekretariat dinas, ...
Doorrr…! Peluru Nyasar  Tembus Punggung Beni
Metro 24 Jam - Rabu, 24 Mei 2017 - 22:59 WIB

Doorrr…! Peluru Nyasar Tembus Punggung Beni

Doorr...! Sedang menonton TV, Beni (55) warga Jalan Pisang Gang Hikmah, Percut Seituan, langsung tumbang. Pasalnya, pria setengah abad ini ...
Pungli Parkir Berserak, Polisi Dimana?
Metro 24 Jam - Rabu, 24 Mei 2017 - 22:58 WIB

Pungli Parkir Berserak, Polisi Dimana?

Masyarakat Kota Medan belakangan ini resah lantaran banyaknya pungutan liar (pungli) dengan modus parkir. Bagaimana tidak, hampir di setiap jalan ...